Mengenal 14 tarian aceh selain dari tari saman

Tarian daerah aceh

Tarian aceh yang populer merupakan tari saman yang dikukuhkan UNESCO selaku peninggalan budaya. Mengutip dari seminar nasional forum asosiasi prodi pembelajaran seni drama tari serta musik indonesia ( AP2SENI) 2015, tari saman gayo diciptakan oleh ulama besar yakni Syekh Syaman.

Tarian likok pulo

Tarian likok pulo berasal dari gampoeng Ulee paya, Mukim pulau beras selatan, Kecamatan Peukan bada, Kabupaten aceh besar. Tarian ini tercantum tari hiburan ataupun pertunjukan. Pertunjukan tari likok pulo dicoba sehabis menanam padi serta upacara adat. Berikut komposisi serta tata gerak tari likok pulo:

  • Penari utama diucap syekh terletak di tengah- tengah
  • Terdapat 2 orang menabuh rapai( pemasik) di balik ataupun sisi kanan serta kiri penari
  • Gerakan tari yang digunakan merupakan anggota badan bagian atas, tubuh, tangan serta kepala

Tarian malelang

Tarian ini berasal dari gamporng padang, Kecamatan Susoh, Kab. Aceh selatan. Malelang terdiri dari penari perempuan berusia yang berjumlah 10- 12 orang. Posisi penari melingkar serta gerakannya maju ke depan, tengah serta keluar.

Tarian seudati

Seudati merupakan tarian yang berasal dari pesisir aceh. Tarian ini terdiri dari 8 penari serta 2 orang penyanyi. Seudati dimainkan oleh pria serta gerakan berdiri, berbeda dengan tari saman yang dicoba duduk di lantai.

Tarian kederen

Tarian aceh ini tercantum tari tradisional saat sebelum kemerdekaan di kabupaten Aceh tenggara. Awal mulanya, tari kederen digunakan selaku penghormatan pada penduduk pendatang semacam tokoh Agama yang meningkatkan agama Islam. Kederen terdiri dari 8- 12 orang penari pria berusia, didampingi pengiring tari yang memainkan rebana.

Tarian kepur nunguk

Tarian ini berasal dari kata kepur serta nunguk. Kepur maksudnya mengibar ataupun menyapu serta unguk merupakan nama burung. Sebaliknya huruf N pada kata Nunguk maksudnya menampilkan milik, contohnya anak Ni Manuk bermakna anak milik burung ataupun anak burung.

Tarian labehaten

Tarian labehaten dalam bahasa Singkil maksudnya harimau. Terdapat 2 penari pria yang menari dengan metode merangkak semacam harimau. Satu orang mencari yang lain di tengah keramaian pernikahan.

Tarian landok alun

Landok maksudnya tari ataupun gerak tari, sebaliknya alun maksudnya bergelombang. Tarian ini berasal dari Kabupaten Aceh tenggara, tercantum Kotacane oleh suku Alas.

Tarian tuak kukur

Tuak kukur ialah tarian aceh yang berasal dari kabupaten Aceh tengah, sekalian jadi tarian tradisional suku Gayo. Tuak berasal dari kata perkataan mengusir burung balam, sebaliknya kukur merupakan nama burung balam. Jadi tuak kukur maksudnya mengusir burung balam.

Tarian resam berume

Tarian ini berasal dari Aceh Tengah. Resam berume berarti Kerutinan ataupun peraturan bersawa. Tarian ini bermakna aktivitas suku Gayo dalam mengelola pertanian. Resam berume tercantum tarian hiburan yang tidak terikat waktu, kejadian, serta upacara adat. Tarian ini diciptakan oleh Saifuddin Kadir serta Sadimah, sebaliknya pencipta syari merupakan Moese serta Saifuddin Kadir.

Tarian ranub lampuan

Tarian ini berasal dari kota Banda aceh serta digolongkan selaku tari adat. Tarian aceh ranub lampuan, maksudnya sirih di dalam cerana ( tempat sirih pinang ). Dalam adat istiadat warga aceh, tarian ini dicoba buat yang menghormati tamu.

Tarian randai

Tarian aceh, randai terdiri dari 10 orang pria berusia yang melingkar. Ada pula gerakan tarian randai ke samping kiri serta gerak mundur ke balik. Tarian ini diiringi oleh penyanyi yang memakai syair serta biasa dicoba dikala upacara pernikahan.

Tarian pelebat

Tarian ini tercantum tari adat yang ditampilkan kala upacara adat pernikahan. Gerakan pelebat merupakan gerakan bela diri. Penari terdiri dari 2 orang pria yang bawa perlengkapan dari kayu serta bambu.

Tarian meusaree-saree

Tarian meusaree-saree dicoba secara berkelompok. Tarian ini menggambarkan gotong royong petani tradisional yang lagi bercocok tanam. Tarian ini dicoba oleh 16 orang penari yang terdiri dari 8 laki- laki serta 9 penari perempuan umur anak muda.

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store